PDF  | Print |  E-mail
Friday, 15 May 2009 08:49

TESIS MAGISTER AKUNTANSI

Mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi diwajibkan menyusun tesis sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studinya. Tesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis harus menggambarkan kajian yang terintegrasi dan bukan merupakan himpunan dari artikel-artikel yang pernah diterbitkan.

Tesis pada umumnya didasarkan pada penyelidikan bahan-bahan bacaan/pustaka atau penyelidikan lapangan, yang bersifat mendalam dan harus dilaksanakan secara tertib dan cermat dalam segi metodologi di bawah bimbingan dosen pembimbing.

  

Tesis yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Magister Akuntansi, menjadi milik program studi akuntansi Universitas Diponegoro. Namun demikian, mahasiswa berhak untuk mempublikasikan materi tesis dalam bentuk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan publikasi tersebut.

 

HAK CIPTA

Program Studi Magister Akuntansi Universitas Diponegoro mengakui bahwa mahasiswa merupakan pemilik hak cipta dari tesis yang ditulisnya dengan pengecualian sebagai berikut:

 

  1. Dokumen fisik berupa tesis yang diserahkan oleh mahasiswa ke Program Studi Magister Akuntansi Universitas Diponegoro menjadi milik Program Studi
  2. Program Studi Magister Akuntansi berhak menyebarluaskan tesis tersebut sebagai bagian dari koleksi perpustakaan Program Studi Magister Akuntansi  
  3. Program Studi Magister Akuntansi berhak menggandakan tesis atas permintaan universitas lain atau lembaga yang dinilai kompeten
  4. Program Studi Magister Akuntansi berhak menggandakan tesis untuk tujuan akademis di lingkungan Universitas Diponegoro
  5. Program Studi Magister Akuntansi berhak menggandakan tesis atas permintaan universitas lain atau lembaga yang dinilai kompeten.

 
 

PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENYUSUNAN TESIS

Persyaratan untuk menyusun tesis adalah:

  1. Mahasiswa telah mengumpulkan minimal 24 SKS
  2. Mempunyai indeks prestasi 2,75
  3. Telah menempuh dan lulus mata kuliah metodologi penelitian, dan
  4. Memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan pengelola program.

Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan di atas, memperoleh kartu ijin penyusunan tesis dari pengelola program dan prosedur selanjutnya sebagai berikut:

  1. Mahasiswa memilih masalah penelitian sesuai dengan bidang studi akuntansi dan mengajukan topik penelitian yang telah disertai dengan argumen pendek yang berkaitan dengan pemilihan topik tersebut kepada pengelola program.
  2. Atas dasar topik yang diajukan, pengelola menunjuk 1 (satu) atau 2 (dua) dosen pembimbing. Satu dosen pembimbing sebagai ketua dan yang lain sebagai anggota. Dosen pembimbing tesis adalah pakar yang memahami bidang masalah yang diajukan oleh mahasiswa dan mempunyai kewenangan akademik, sesuai ketentuan yang berlaku. Dosen pembimbing dapat berasal dari kalangan dosen program studi magister akuntansi Universitas Diponegoro maupun dari instansi lain
  3. Bimbingan penyusunan tesis dilakukan secara aktif. Dalam 1 (satu) minggu minimal dilakukan satu kali konsultasi. Mahasiswa juga harus dapat menunjukkan adanya kemajuan langkah dalam penyusunan tesis setiap kali konsultasi. Untuk memantau pelaksanaan kegiatan pemimbingan, pengelola program menyediakan buku konsultasi yang secara periodik harus diisi baik oleh dosen pembimbing maupun mahasiswa penyusun tesis
  4. Proses pembimbingan diawali dengan penyusunan Usulan Penelitian atau Proposal Penelitian Tesis. Setelah proposal penelitian disetujui dosen pembimbing, maka dilaksanakan seminar proposal penelitian untuk mendapatkan masukan perbaikan proposal. Seminar ini diikuti oleh beberapa dosen sebagai tim review dan mahasiswa program magister akuntansi yang berminat.
  5. Apabila hasil seminar dinyatakan layak, maka mahasiswa dapat melanjutkan melaksanakan pengumpulan data, analisis dan penulisan tesis. Tesis harus diselesaikan dalam waktu selambat-lambatnya 32 minggu, setelah penunjukan dosen pembimbing
  6. Pengelola program melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses bimbingan dengan meminta laporan kemajuan pembimbingan secara berkala, baik kepada dosen pembimbing maupun dari mahasiswa. Apabila pengelola menganggap kemajuan pembimbingan sangat lambat, sehingga tesis diperkirakan tidak dapat diselesaikan pada waktu yang ditentukan, pengelola dapat mengambil langkah-langkah sebagai upaya pemecahan masalah.
  7. Setelah tesis selesai disusun dan telah disetujui oleh semua dosen pembimbing, tesis diajukan kepada pengelola program sebanyak 5 (lima) eksemplar untuk selanjutnya ditetapkan tim pengujinya dan pelaksanaan uji

TIPE PENULISAN TESIS

Program Magister Akuntansi Pascasarjana Universitas Diponegoro memberikan dua pilihan bentuk penulisan tesis berdasar tipe penelitian yang dilakukan. Bentuk penulisan itu adalah:

  1. Penulisan tesis bentuk hypothetico deductive (pendekatan kuantitaif). Bentuk penulisan ini diperuntukan bagi mahasiswa yang mengambil kelas Akuntansi Keuangan (Riset)/kelas pagi. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa Kelas Pagi untuk mengambil case study research.

  2. Penulisan tesis bentuk Case Study Research (pendekatan kualitatif). Bentuk penulisan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil klas Akuntansi Profesional/klas malam dan Akhir Pekan. Pilihan penulisan tipe ini bersifat fakultatif, mahasiswa yang mengambil kelas akuntansi profesional juga diperkenankan untuk memilih penulisan tipe hypothetico deductive.

BAHASA PENULISAN

Bahasa penulisan untuk tesis dapat dilakukan dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Program Magister Akuntansi Pascasarjana Universitas Diponegoro sangat mendorong mahasiswa untuk memilih Bahasa Inggris sebagai bahasa penulisan tesis. Apabila mahasiswa memilih Bahasa Inggris sebagai bahasa penulisan tesis, maka bentuk dan tata urutan penulisan tetap mengacu pada bentuk dan tata urutan dalam buku pedoman penulisan ini.

Last Updated on Tuesday, 09 June 2009 10:41
 

Polls

Apakah isi web ini bermanfaat bagi saudara untuk referensi memilih Program S-2 (Is this web useful for you?)
 
visitors by country counter
flag counter">

STATISTIK TAMU

Members : 11
Content : 97
Web Links : 7
Content View Hits : 263842
world map hits counter

Who's Online

We have 13 guests online

Newsflash